Minggu, 19 Juli 2009

Pentinganya Percaya Diri Dalam Hidup

Bagaimana pentingnya rasa percaya diri . Tapi, sebenarnya kenapa ada seseorang yang sepertinya sangat tidak percaya kepada dirinya sendiri? Mari kita analisa, sebenernya apa sih yang membuat kita percaya diri? Apa sih yang menghambat diri untuk mengeluarkan seluruh potensi diri kita, tanpa ada rasa malu? dan Kenapa harus ada aja rasa ragu tiap kita akan melakuakan sesuatu?

Ternyata sikap tidak percaya diri ini muncul akibat kebiasaan-kebiasaan kita mengembangkan sikap dan pendapat negatif tentang diri kita. Bisa juga karena pengaruh lingkungan, Antara lain sikap lingkungan yang membuat kita jadi takut untuk mencoba apa yang kita mau. Takut untuk berbuat salah, tp sebenarnya itu tidaklah salah. Semua harus seperti yang sudah ditentukan.

Semua orang pasti punya rasa takut akan di marahi, karena itu, kita jadi malas melakukan hal yang berbeda di orang-orang di sekitar kita. Contoh, mau angkat tangan ketika guru memberi pertanyaan di kelas, malu takut salah! Terkadang jalan di kerumunan banyak orang udah malunya setengah mati! Bergaul… takut! Wah… kalau serba takut, serba ragu, serba malas Seperti ini, apa jadinya?

Langsung aja, Munkin perlu banyak kegagalan sebelum mencapai keberhasilan yang kita mau. Kesalahan bukanlah akhir dari semuanya. Sebenarnya orang banyak salah itu orang yang mudah untuk menggapai keberhasilan. Setiap kesalahan akan semakin dekat juga kita menuju kepada keberhasilan. Jika saja kita semua percaya akan hal ini, pastinya percaya diri kita juga tidak akan gampang rapuh karena pendapat negatif dari orang-orang di sekitar kita. ea ga?

Ada banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kita. No 1, Banyak berteman atau berhubungan dengan orang yang percaya dirinya bagus. percaya atau tidak pasti rasa percaya diri itu akan menular akibat dorongan dari pergaulan, dan karena banyak bergaul dengan mereka jadi sebuah kebiasaan di kehidupan kita sehari-hari. Jika tidak percaya, coba saja kalian mencoba bergaul dengan mereka-mereka yang tingkat kepercayadirianya tinggu, secara otomais kita jadi tau cara merka, mulai dari bicara, mengambil keputusan, dan dan prilaku-prilaku lain. Jika saja kita tidak bergaul dengan orang-oranga seperti mereka , bagai mana kita bisa percaya diri? bagai mana juga kita dapat contoh orang-orang yang percaya diri? Memang benar kita meski bergaul dengan orang-orang yang tingkat kepercaya dirianya sangatlah tinggi.

TAPI, yang sangat di sayangkan, tidaklah banyak orang yang seperti itu, mereka selalu berpikir bahwa apa yang mereka miliki itu sudahlah cukup bagi mereka walau tanpa rasa percaya diri. Padahal, mereka mempunya POTENSI yang tinggi, namun dengan sipatnya sendiri mereka tidak dapat mendorongnya .

Ya mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, yang sangat utama untuk meningkatkan rasa percaya diri kuncinya hanyalah kemauan yang sangat tiggi untuk mengubah diri kita sendiri tanpa ada dorongan dari orang lain. Karena hanya kita yang dapat merubah diri kita sendiri, bukan orang lain, ataupun orang tua kita sekalipun. jika kita begitu ingin meningkatkan percaya diri kita, cobalah untuk mengeluarkan semua potensi yang ada dalam diri kita. Kuncinya kita harus, MAU! Dan berikutnya dari lingkungan kita sendiri dan pergaulan kita, dengan bantuan orang lain kita bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Karena dengan bantuan mereka, kita jadi tahu bahwa kita juga punya potensi yang tidaklah semua orang miliki.Jadi, jika kita ingin mendapatkan sesuatu kenapa harus di tunda-tunda. Tunggu apa lagi?

0 komentar:

Poskan Komentar

Ingat Waktu Coy