Minggu, 19 Juli 2009

10 Prinsif Rasa Percaya Diri Untuk Membangun Kemandirian

Judith Briles, seorang pengusaha sukses pendiri Judith Briles Co., berpendapat tentang 10 prinsif rasa percaya diri yang membuatnya sukses :

1. Perhatikan apa yang benar bagi diri anda sendiri

Dengarkan suara hatimu, jangan biarkan orang lain mempengaruhi prinsifmu. karena yang tahu tentang kamu adalah dirimu sendiri. ketahuilah bahwa apa yang hati kita pikirkan itu tidak pernah boong seperti mulut kita.

2. Berpikir Positif

Berhubunganlah dengan ”orang – orang yang memiliki banyak energi”. Jangan biarkan pikiran negatif membuat anda lemah.

3. Sadari bahwa anda tidak sendirian di dunia ini

Ingat, sebelumnya ada jutaan orang yang melangkahkan kakinya di jalan yang anda lewati dan melakukan hal yang sama seperti anda juga.

4. Pelajarilah hal – hal baru

Sibukkan diri anda mengikuti kursus – kursus, membaca buku motivasi, dan terlibatlah dalam lingkungan anda. Apa pun yang anda lakukan perbaharui sel – sel otak anda senantiasa.

5. Perhintungkan situasi yang ada

Bersikap realistislah dalam segala hal (hubungkanlah prinsif ini dengan prinsif selanjutnya).

6. Hargai pencapaian anda

Miliki arsip berisi hal yang dikatakan orang lain mengenai pekerjaan atau pribadi anda. Tinjaulah lagi hal – hal baik tersebut bila keadaan sedang tidak beres. Dalam keadaan kritis, arasip tersebut akan memberi masukan positif untuk tetap menghargai diri anda.

7. Bercita – citalah untuk meraih tujuan yang lebih tinggi

Cari tantangan baru yang menarik. Pikirkan orang yang menjadi idola anda di dalam atau di luar bidang pekerjaan anda. Baca tulisan tentang mereka dan berusahalah agar bisa sukses seperti mereka.

8. Jangan bersikap menekan

Dapatkan umpan balik. Bicarakan hal – hal penting maupun rahasia hanya kepada orang yang anda percayai. Pastikan umpan balik yang anda peroleh berasal dari seseorang yang peduli, penolong, dan tidak berniat menghakimi anda.

9. Perhatikan diri anda sendiri

Makanlah dengan benar, olahraga teratur, cukup tidur, dan bersantailah. Belajarlah menggunakan waktu secara bijaksana dan banyaklah tertawa untuk mendapatkan keseimbangan hidup karena anda layak mendapatkannya.

10. Tetaplah mengeluarkan pemikiran (kesibukan)

Saat mengahadapi saat – saat sulit atau kegagalan, wajar untuk menarik diri, untuk tidak membiarkan dunia luar mengetahui keadaan anda. Tetapi bergegaslah kembali melibatkan diri anda ke dalam target yang sudah anda rancangkan.

”sekianlah prinsif yang Judith ungkapkan, semoga 10 prinsif ini berguna bagi anda.”

0 komentar:

Poskan Komentar

Ingat Waktu Coy